Selasa, 22 Januari 2019

Beragam Hal yang Perlu Anda lakukan Agar Pencernaan Bayi lancar


Kesehatan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua terhadap bayinya. Karena, bayi umumnya memiliki daya tahan tubuh yang belum sekuat orang dewasa sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dalam hal kesehatannya. Selain itu, kesehatan bayi juga sangat menentukan proses tumbuh kembangnya karena jika kesehatannya terganggu maka proses tumbuh dan berkembangnya juga akan terganggu sehingga setiap orang tua perlu mewaspadai hal tersebut.
Salah satu penyakit yang seringkali dialami oleh para bayi adalah masalah pada sistem pencernaannya. Mulai dari masalah sembelit sampai BAB bayi berlendir menjadi masalah pencernaan yang seringkali dialami oleh para bayi. Lalu, bagaimana cara mencegah hal tersebut agar pencernaan bayi bisa lebih lancar? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar pencernaan bayi jadi lebih lancar :

Berikan ASI Eksklusif
Memberikan ASI Eksklusif punya peranan yang sangat besar terhadap kesehatan bayi Anda. Karena nutrisi yang didapat dari ASI eksklusif tergolong lengkap dan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi Anda. Selain itu, ASI Eksklusif juga dapat berperan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan bayi. Oleh karena itu, berikan ASI Eksklusif agar bayi Anda terjaga sistem pencernaannya.

Ketahui apakah bayi intoleran laktosa atau tidak
Ketika diberikan susu formula, ada beberapa bayi yang tidak toleran sampai akhirnya mengalami penyakit pada sistem pencernaannya. Hal ini perlu Anda ketahui mengingat beberapa bayi tergolong intoleran terhadap laktosa dan tidak cocok dengan susu formula yang berasal dari susu sapi. Dengan demikian, Anda dapat mencegah gejala penyakit pada sistem pencernaan dengan menghindari laktosa pada susu yang dikonsumsinya.

Cek ke dokter

Apabila bayi Anda telah menunjukkan gejala penyakit pada sistem pencernaannya, maka segeralah cek ke dokter. Dengan bantuan dokter, Anda dapat mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menjaga sistem pencernaan bayi Anda. Mulai dari cara mengatasi sembelit pada bayi sampai menjaga agar pencernaannya terjaga bisa Anda lakukan dengan berkonsultasi bersama dokter. Sehingga, bayi Anda akan terjaga kesehatannya dan proses tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal.

Bagikan

Jangan lewatkan

Beragam Hal yang Perlu Anda lakukan Agar Pencernaan Bayi lancar
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.