Senin, 16 Juli 2018

Perkembangan Bayi 4 Bulan : Ini yang Harus Dilakukan saat Bayi Rewel Akibat Tumbuh Gigi



Salah satu
perkembangan bayi 4 bulan yang seringkali membuat bayi menjadi rewel adalah tumbuhnya gigi. Pada umumnya gigi bayi mulai muncul pada usia 6 bulan namun pada kondisi tertentu memang mungkin saja gigi muncul pada usia 4 bulan. Jika hal ini terjadi, maka sebagai orang tua anda perlu bersiap.

Munculnya gigi menjadi perubahan yang sangat penting di tahap perkembangan anak. Jika gigi muncul lebih awal maka orang tua perlu berkonsultasi kepada dokter. Apakah kondisi tersebut memang normal atau tidak meskipun memang pada umumnya normal-normal saja jika gigi bayi sudah mulai muncul sejak bayi berusia 4 bulan.

Selain itu, orang tua juga harus bersiap untuk menghadapi bayi yang rewel karena gigi tumbuh. Kondisi tubuh bayi memang biasanya akan menjadi lebih sensitif ketika gigi mulai tumbuh. Bayi biasanya akan menjadi lebih rewel karena merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Lalu apa yang bisa dilakukan orang tua jika hal ini terjadi.

Tips Mengatasi Anak Rewel karena Tumbuh Gigi
Orang tua harus selalu sigap menghadapi setiap tahap perkembangan anak. Apalagi perkembangan bayi 4 bulan memiliki tahapan yang cukup vital dalam hidup anak. Inilah dia beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bayi yang rewel karena gigi mulai muncul :

1.    Pemijatan Gusi

Lakukan pemijatan pada gusi tempat gigi pertama tumbuh. Pemijatan dilakukan secara perlahan-lahan dan sangat lembut. Namun, sebelum anda memijat gusi anak pastikan bahwa jari anda sudah dicuci bersih dan lakukan pemijatan dengan sangat berhati-hati agar anak merasa nyaman.

2.    Redakan Nyeri dengan Sendok

Anda bisa membantu meredakan nyeri yang dirasakan oleh bayi ketika gigi mulai tumbuh dengan menggunakan sendok. Letakkan sendok di dalam kulkas kemudian setelah sendok terasa cukup dingin maka berikan sendok dingin kepada anak. Biarkan anak memasukkan sendok tersebut ke dalam mulutnya.

3.    Gunakan Kain Basah

Anda bisa mengurangi nyeri pada gusi bayi ketika tumbuhnya gigi dengan menggunakan kain basah. Siapkan kain bersih yang lembut kemudian beri air dingin atau bisa juga menggunakan ASI. Kemudian tempelkan kain basah tersebut ke gusi tempat gigi pertama tumbuh.

4.    Berikan Teether

Teether merupakan benda yang biasa diberikan kepada anak untuk merangsang tumbuhnya gigi. Teether ini aman untuk dimasukkan ke dalam mulut dan digigit-gigit oleh anak. Anda bisa memberikan teether yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam kulkas agar terasa dingin untuk meredakan nyeri pada gusi.

5.    Berikan Pereda Nyeri

Pereda nyeri hanya dijadikan pilihan ketika memang bayi sangat rewel dan segala usaha sudah dilakukan. Usapkan pasta pereda nyeri ke bagian gusi tempat gigi pertama tumbuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemberian pasta pereda nyeri harus berdasarkan saran dan petunjuk dari dokter. Jadi, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter pribadi anda.
Satu hal yang paling penting, pastikan anda sebagai orang tua selalu beada di dekat anak di setiap tahap perkembangan mereka. Kasih sayang dan sentuhan hangat dari orang tua akan membantu membuat anak merasa nyaman dan meredakan nyeri yang sedang mereka rasakan.

Konsultasikan kepada dokter jika memang kondisi tumbuhnya gigi pertama anak dirasa tidak normal. Jika memang dibutuhkan obat-obatan maka pastikan semua itu diberikan dengan kendali dari dokter. Setelah gigi pertama tumbuh, jangan lupa untuk terus bersiap menghadapi perkembangan bayi 4 bulan dan seterusnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Perkembangan Bayi 4 Bulan : Ini yang Harus Dilakukan saat Bayi Rewel Akibat Tumbuh Gigi
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.