Sabtu, 10 Februari 2018

Kapan Waktu Terbaik untuk Service Kendaraan?


Kerusakan pada komponen kendaraan biasanya bisa dikenali dari beberapa gejalanya yang patut untuk diketahui, ketika beberapa gejala sudah mulai dialami oleh kendaraan Anda artinya mobil tersebut wajib untuk mendapatkan service jika tidak ingin penyebab kerusakan bertambah semakin parah. Faktanya memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada banyak sekali hal-hal sepele yang bisa menjadi pemicu kerusakan pada kendaraan tersebut, baik itu cara mengemudi yang salah hingga pengaruh perawatan yang jarang dilakukan.

Pastinya Anda sendiri juga sudah tau bahwa secara normal kendaraan butuh untuk dibawa ke bengkel untuk melakukan service, service ini hendaknya juga harus dilakukan secara berkala sehingga performa mobil selalu dalam kondisi yang optimal, paling tidak Anda sendiri juga wajib untuk mengetahui kapan waktu terbaik dalam menservice kendaraan tersebut, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Ketika jarak tempuh telah melebihi batas, terlalu sering digunakan berkendara, bahkan untuk waktu yang sangat lama dan jarak jauh, maka membuat performa kendaraan akan mulai menurun. Pada dasarnya sebuah kendaraan memang dibekali dengan jarak tempuh maksimal, mulai dari 1000 km kemudian 2000 km hingga 10000 km, ketika sudah mencapai jarak tersebut berarti sudah waktunya bagi mobil tersebut untuk dibawa ke bengkel resminya untuk mendapatkan service.
  2. Ketika waktu pemakaiannya juga sudah melampaui batas, selain berpaku pada jarak, maka ada juga mobil yang terpaku pada waktu pemakaian. Misalnya adalah kendaraan yang dianjurkan untuk mendapatkan service sekali dalam sebulan, atau sekali dalam dua bulan, ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur Anda membawanya ke bengkel resmi untuk dirawat. Waktu pemakaian ini bisa menjadi acuan paling mudah memperbaiki kendaraan.
  3. Ketika mobil sudah mulai mengeluarkan suara bising, suara bising yang keluar dari kendaraan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah mesin yang bermasalah, sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal dan mulai terdengar suara-suara bising tersebut. Jika sudah mulai seperti ini maka sangat wajib untuk membawanya ke bengkel.
  4. Tenaga mesin mulai berkurang, ada kalanya ketika melalui medan tanjakan pengemudi yang bisa merasakan hal ini, yaitu ketika gas sudah ditekan, namun kendaraan tak kunjung jalan, artinya tenaganya mulai berkurang dari performa normal. Pastikan untuk segera melakukan pengecekan, karena ditakutkan ada bagian yang bermasalah disini.
  5. Oli habis, pelumas yang satu ini fungsinya memang tergolong vital, baik itu untuk jenis kendaraan matic maupun manual, oli digunakan untuk mencegah terbentuknya kerak di kendaraan, juga memungkinkan mesin bekerja secara normal tanpa mengeluarkan suara-suara tertentu. Ketika jumlahnya sudah mulai menipis maka harus diisi dengan yang baru.

Ingat-ingat beberapa waktu penting kapan mobil harus mendapatkan service tersebut.


Bagikan

Jangan lewatkan

Kapan Waktu Terbaik untuk Service Kendaraan?
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.