Senin, 12 Februari 2018

Apakah Kamu Tahu Sejarah Dan Asal Mula Dompet Di Temukan? Yuk Simak Sejarah Dompet


Dompet merupakan tas kecil tempat menyimpan uang dan berbagai kartu-kartu penting di dalamnya, dompet ini biasanya terbuat dari kulit atau kain.

Dompet pertama kali diciptakan sekitar abad ke 17 di Eropa setelah mata uang kertas pertama diperkenalkan. Karena sebelumnya mata uang berbentuk koin maka dibawa dengan kantung yang diserut. Kantong tersebut biasanya akan diikatkan ke pinggang
.
Setelah mata uang kertas muncul maka orang-orang mulai membutuhkan tempat menyimpan uang tersebut agar praktis. Kemudian dibuatlah dompet dari bahan kulit kuda dan sapi akan tetapi masih tetap sama seperti kantung serut dompet ini masih diikatkan ke pinggang.

Pada tahun 1950an, lahirlah kartu kredit. Dengan munculnya kartu kredit, maka desain sebuah dompet pun di sesuaikan dengan menambah sekat-sekat di dalamnya untuk menyimpan kartu kredit. Bentuknya pun semakin ramping.

tahukah kamu kata wallet sebenarnya sudah ada sejak abad pertama masehi yang ditunjukkan untuk tas atau ransel, saat itu wallet berasal dari Yunani kuno digunakan untuk membawa barang bawaan berupa karung. Yaitu karung yang dibawa oleh dewa Hermes. Dimana Perseus Yang membawa penggalan kepala Medusa menggunakan karung tesebut.

Penggunaan dari kata "wallet"  dalam arti modern berarti "billfold" di Inggris Amerika pada tahun 1834.

Istilah dompet berasal dari istilah fiscus. Istilah tersebut dipakai oleh bangsa Romawi. Fiscus berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan uang kaisar. Pada saat itu, uang dikumpulkan dalam keranjang. Uang yang terkumpul di fiscus itu berasal dari pajak yang diberikan wilayah kekuasaan Romawi kepada kaisar Romawi, Konon dari sanalah sejarah dan asal muasal dompet tercipta.

Pada abad ke 22, dompet hadir dengan berbagai macam tampilan warna, bahan, dan gaya. Tampilan-tampilan tersebut menonjolkan sisi tren dan fashion semata, namun fungsinya tetap sama.
Saat ini orang-orang hanya membawa uang sedikit pada dompet mereka karena sudah ada kartu debit dan kredit, tidak perlu repot-repot membawa uang banyak untuk bepergian.

Akan tetapi meskipun orang-orang hanya membawa uang cash sedikit bukan berarti dompet hanya begitu saja tampilannya, justru semakin hari semakin banyak tren dompet yang bisa kamu temukan di pasaran.

Dengan berbagai jenis dompet kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari dompet kecil, sedang hingga besar. Akan tetapi fungsi dompet tetaplah sama yaitu untuk menyimpan uang beserta kartu-kartu penting seperti kartu tanda pengenal, kartu debit, kartu kredit dan masih banyak kartu lainnya yang sangat penting.

Untuk wanita pastilah satu dompet saja tidak cukup karena mereka menyesuaikan dengan fashion yang sedang di kenakan. Maka tak heran jika wanita memiliki banyak dompet dengan jenis dan warna yang berbeda.

Meskipun saat ini sudah banyak dompet dengan berbagai macam jenisnya tetapi bahan yang digunakan masih sama seperti jaman dahulu yaitu berbahan kulit binatang. Lantas mengapa sampai sekarang masih memakai bahan kulit ?

Salah satu hal yang membuat kenapa bahan dasar dompet terbuat dari kulit yaitu ketahanan dari kulit ini sangat kuat atau tahan lama tidak seperti bahan lainnya. Meskipun dompet terbuat dari bahan kulit ini tahan lama tetapi masih ada juga kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dari dompet kulit
kelebihan dari kulit ini yaitu tidak bisa ditiru oleh bahan kulit sintetis. Setiap karakter dompet kulit asli memiliki karakter alami yang unik karena setiap hewan pasti memiliki kulit berbeda satu sama lainnya.

Terkadang ada dompet kulit ini dengan ciri yang crack atau pecah, kulit yang kusam seperti kulit yang belum di masak, tetapi ada juga yang berkesan halus seperti bahan kulit sintetis.
Semakin lama, tas kulit akan semakin lembut dan tampak semakin menarik serta nyaman untuk digunakan beraktivitas.
Selain itu perawatan dompet berbahan kuli ini juga cukup mudah yaitu dengan dilap secara teratur menggunakan lap kering yang bersih.

Kekurangan dari dompet kulit
Harga produk dompet ini jauh lebih mahal dibanding dompet-dompet berbahan lainnya.. Karena kulit sangat berpori dan bersifat penyerap, jika terkena cairan akan cepat meresap ke dalam kulit jika tidak segera dilap dengan benar. dan jika tidak dijaga dengan baik dan berada pada tempat lembab kulit asli akan mudah timbul bercak noda jamur.

Meskipun bahan kulit ini banyak dicari dan diminat akan tetapi harganya yang sangat mahal perlu dipikirkan kembali, saat ini ada dompet kulit berbahan sintetis yang kualitasnya bagus dan harganya terjangkau, apalagi untuk wanita yang senang mengoleksi dompet-dompet.


Sekalipun dompet yang kamu gunakan bagus dan cantik tetapi kamu tetap harus waspada karena dompet ini sering jadi incaran untuk para pencuri.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apakah Kamu Tahu Sejarah Dan Asal Mula Dompet Di Temukan? Yuk Simak Sejarah Dompet
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.