Minggu, 29 Oktober 2017

9 Tips Untuk Desain Interior Apartemen

Sekarang ini, khususnya di perkotaan, banyak orang yang memutuskan tinggal di apartemen. Salah satu alasannya ialah karena apartemen dinilai lebih praktis. Kita tidak perlu repot-repot membangun dari awal. Proses untuk pindah ke apartemen juga tidak serumit pindah ke rumah biasa. Namun, banyak yang menganggap bahwa apartemen tidak bisa leluasa didesain seperti rumah. Padahal, meskipun kecil, apartemen juga bisa menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. Simaklah 9 tips desain interior apartemen berikut ini untuk mewujudkannya.

1.      Menggunakan Cermin



Cermin dapat menimbulkan ilusi pada ruangan. Bila dipasangi cermin, ruangan yang luasnya terbatas akan terlihat menjadi lebih luas. Kita dapat meletakkan beberapa cermin di posisi yang strategis. Bila bingung menentukan letak cermin, mintalah saran orang yang ahli. Dengan begitu, apartemen yang kecil akan nampak lebih lebar. Selain menciptakan ilusi optik, cermin juga bisa berfungsi seperti jendela. Cermin akan memperluas pencahayaan yang dipantulkan dari permukaan cermin.

2.      Pencahayaan yang Cukup


Pencahayaan yang cukup juga dapat membuat ruangan terlihat luas. Jadi, pasanglah lampu di setiap sudut apartemen. Dengan begitu, setiap ruangan di apartemen kita akan memiliki pencahayaan yang cukup. Kita dapat memilih lampu gantung, lampu dinding, atau lampu langit-langit.

3.      Mengatur Penempatan Furniture


Sebelum membeli furniture, datalah dulu furniture yang dibutuhkan di setiap ruangan. Misalnya seperti kasur di tempat tidur serta sofa di ruang tamu. Bila mampu, perkirakan juga penempatan furniture tersebut. Hindari penempatan di dekat pintu sebab apartemen akan terlihat semakin sempit.

4.      Menggunakan Kreativitas Untuk Membuat Ruang Tambahan


Kecuali penthouse, jumlah ruangan di apartemen tentu terbatas. Oleh sebab itu, kita harus cerdas memanfaatkannya. Misalnya dengan membuat pemisah sehingga satu ruangan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Kita tidak harus menyewa tukang bangunan untuk membuat dinding pemisah. Cukup gunakan barang yang cukup tinggi, seperti rak buku.

5.      Menggunakan Lemari Kabinet


Salah satu solusi untuk mengatasi terbatasnya ruangan ialah mengggunakan lemari kabinet. Lemari ini menempel langsung di dinding sehingga terlihat lebih praktis. Dibandingkan lemari biasa, lemari kabinet terlihat lebih rapi.

6.      Memilih Warna Yang Sesuai


Pemilihan warna termasuk salah satu faktor penting dalam desain interior. Pada apartemen, pemilihan warna yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Dominasi warna putih memaksimalkan tampilan ruangan di apartemen kita. Selain putih, kita juga dapat menggunakan warna-warna cerah. Kombinasikan dengan warna yang sedikit gelap agar ruangan tidak terlihat monoton.

7.      Membeli Furniture Multifungsi


Karena ukuran apartemen terbatas, kita tidak disarankan untuk membeli terlalu banyak furniture. Sebaliknya, akan lebih baik bila kita menggunakan furniture multifungsi. Misalnya seperti meja pajangan pada gambar di atas. Meja tersebut tidak hanya berfungsi untuk meletakkan pajangan. Bagian depannya dapat ditarik dan digunakan sebagai kasur dan meja kerja. Membeli furniture multifungsi tidak hanya menghemat tempat di apartemen, melainkan juga menghemat pengeluaran kita.

8.      Tempat Penyimpanan Tersembunyi


Ruangan apartemen yang terbatas membuat kita harus kreatif. Kita tidak bisa menyesuaikan penempatan barang-barang seperti di rumah biasa. Bila dipaksa, nantinya apartemen kita malah terlihat semakin sempit dan tidak nyaman. Oleh karena itu, siapkanlah tempat tersembunyi untuk menyimpan barang-barang kita. Misalnya seperti di laci-laci yang terletak di bawah tempat tidur.

9.      Memilih Desain Sesuai Selera


Tips terakhir untuk desain interior apartemen ialah memilihnya sesuai selera kita. Di majalah dan internet memang banyak desain interior untuk apartemen. Namun, kita tidak boleh memilihnya hanya karena desain tersebut sedang trend. Apalagi jika ternyata desain yang senang trend tersebut tidak cocok dengan kita. Misalnya seperti desain interior bergaya eklektik. Bila tidak bisa memadukan dekorasi, interior apartemen nantinya malah terlihat tidak menarik. Oleh sebab itu, sesuaikan saja desain dengan gaya yang kita suka. Misalnya seperti gaya bohemian, minimalis, atau vintage.


Bagikan

Jangan lewatkan

9 Tips Untuk Desain Interior Apartemen
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.