Kamis, 14 September 2017

Siapkan Persalinan dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini!


Bagi ibu hamil, proses persalinan adalah proses yang ditunggu – tunggu. Ada berbagai daya dan upaya untuk dapat melaluinya dengan lancar dan selamat. Untuk ibu hamil yang sudah merasakan
tanda- tanda persalinan sudah dekat haruslah mempersiapkan segala hal berkaitan dengan persalinan. Salah satunya yaitu kondisi fisik ibu saat melahirkan. Kondisi fisik ketika proses persalinan berjalan haruslah fit dan prima.

Ketika melahirkan, ibu membutuhkan banyak tenaga. Otot di sekitar pinggul, rahim, dan perut akan bekerja keras selama proses persalinan berjalan. Jika kondisi fisik ibu tidak prima, maka proses melahirkannya akan membuat ibu merasa lelah dan sakit.

Untuk membentuk kondisi prima bagi ibu hamil ketika melahirkan, tentu diperlukan asupan energi dan juga nutrisi. Asupan energi ini bisa didapatkan dari beberapa makanan dan minuman. Lalu kira – kira makanan dan minuman apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk persiapan persalinan? Berikut adalah beberapa di antaranya :

Makanan untuk menjelang kelahiran
Makanan yang baik dikonsumsi untuk para ibu hamil menjelang kelahiran adalah makanan yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Alasannya adalah jenis makanan ini lebih mudah dicerna dan bisa memberikan banyak energi untuk proses persalinan. Anda bisa mengonsumsinya sedikit demi sedikit tetapi sering.

Atau Anda juga bisa mengonsumsinya setiap satu jam sekali sebelum proses melahirkan berlangsung (awal – awal kontraksi). Beberapa jenis makanan berkabohidrat yang bisa Anda pilih di antaranya adalah roti, kentang, sereal, pasta, biskuit, pudding, dan lainnya.

Sedangkan untuk buah, usahakan Anda memilih pisang. Jika tidak ada atau tidak suka, Anda bisa menggantinya dengan apel. Menjelang proses persalinan, lebih baik hindari mengonsumsi makanan yang banyak terdapat kandungan lemak di dalamnya. Ini bisa mempengaruhi kinerja perut Anda ketika melahirkan.

Minuman menjelang kelahiran
Setelah mengetahui makanan apa saja yang baik menjelang persalinan, kali ini adalah minuman apa saja yang baik untuk ibu hamil selama menjelang proses persalinan. Pilihan pertama yang bisa Anda coba yaitu yogurt dengan kadar lemak yang rendah. Karena yogurt dapat memberikan energi dari kandungan gula dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Minumlah yogurt ini sebelum proses melahirkan berjalan agar mendapatkan asupan energi yang efektif. Pilihan kedua yaitu madu yang dicampur dengan teh herbal. Manfaatnya adalah dapat memulihkan energi yang hilang juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang.

Untuk Anda para ibu hamil yang akan melahirkan bisa mempersiapkan makanan dan minuman apa saja yang baik untuk dikonsumsi menjelang proses persalinan, apalagi jika Anda merasakan tanda – tanda persalinan sudah dekat. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lainnya mengenai parenting, Anda bisa melihatnya di website Parenting Club. Disana terdapat banyak tips yang bermanfaat bagi Anda para orang tua.


Bagikan

Jangan lewatkan

Siapkan Persalinan dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini!
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.