Rabu, 26 Juli 2017

3 Akibat Fatal Tidak Mengganti Oli Motor

Memiliki kendaraan bermotor itu memiliki konsekuensi, yakni harus rajin mengganti oli. Karena oli adalah makanan utama bagi mesin. Oli adalah bentuk minyak pelumas mesin yang akan memberikan pelumasan bagi mesin sepeda motor agar terjaga kelicinannya, baik saat tidak digunakan atau dalam kondisi dingin maupun saat dikendarai atau dalam kondisi panas. Oli Motor  ini akan menjadi produk yang paling sering dicari untuk kebutuhan pelumasan mesin kendaraan bermotor kita.

Penggantian oli ini dimaksudkan untuk mengganti oli yang lama dengan oli yang baru. Karena oli yang lama sudah menjadi oli sisa atau oli bekas yang keruh dan akan membuat mesin menjadi kotor jika tidak segera diganti dengan oli yang baru. Maka dari itulah memilih Oli Motor Terbaik sangat direkomendasikan, salah satunya adalah dengan memilih oli Federal Matic untuk oli motor matic kita.

Kadang kala kita lupa belum mengganti oli. Misalnya kita harus mengganti oli setiap 3 bulan sekali atau 5 bulan sekali, namun kita lupa. Kelupaan ini adalah sifat ilmiah manusia yang sering terjadi, namun bukan berarti dijadikan alasan utama untuk tidak mengganti oli. Mengapa? Karena mesin motor akan memberikan signal tersendiri untuk mengingatkan kita bahwa oli mesin motor sudah waktunya untuk diganti.

Signal tersebut berupa suara mesin yang tidak mulus seperti biasanya, kendaraan bermotor menjadi kurang nyaman dipakai, dan lain-lain. Jika sudah mendapati signal seperti itu, maka kita harus segera mengganti oli pada motor kita.

Akibat Tidak Mengganti Oli Motor
Berikut adalah beberapa akibat jika tidak mengganti oli motor:

Mesin motor menjadi overheating

Mesin motor yang tidak diganti olinya maka akan mengalami keadaan panas yang berlebihan atau disebut juga dengan overheating. Jika lama kelamaan dibiarkan maka akan membuat mesin motor menjadi cepat rusak. Penyebab dari overheating pada mesin ini adalah karena oli sudah tidak bisa mendinginkan mesin. Oli sudah keruh dan berkurang kemampuannya. Bahkan oli mesin sudah habis.

Maka dari itulah kita harus ganti oli mesin dengan teratur. Terutama Oli Motor Matic kita dengan menggunakan oli Federal Matic yang telah teruji memiliki kemampuan mendinginkan mesin dengan maksimal sehingga akan 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. untuk lebih lanjut anda bisa menonton video berikut ini.


Boros bahan bakar

Harga bahan bakar semakin naik. Maka dari itulah gerakan melestarikan BBM sebagai salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah dengan tidak menggunakan kendaraan jika bepergian jarak dekat. Namun jika oli motor tidak diganti, walaupun motor jarang digunakan akan tetap boros BBM. Ini dikarenakan mesin motor bekerja terlalu keras karena dilumasi oli yang baru, dan pada akhirnya menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan memakan lebih banyak BBM.

Nilai jual motor turun drastis

Ini menjadi salah satu akibat yang akan menjadi akibat akhir jika kita tidak rutin mengganti oli mesin sepeda motor. Sangat masuk akal, karena jika motor sudah rusak mesinnya kita akan beralih untuk membeli motor baru. Motor lama akan dijual. Karena sudah rusak mesinnya, maka harga jualnya pun akan turun drastis dan sangat jauh dari harga beli. Perawatan yang kurang baik akan merugikan kita sendiri.

Mengendarai motor adalah kegiatan yang sangat mudah, namun dibalik kemudahan itu kita harus mau merawat kendaraan dengan baik. Dengan rajin menservisnya, rajin mencucinya, rajin membersihkannya, serta rajin mengganti oli motor. 

Bagikan

Jangan lewatkan

3 Akibat Fatal Tidak Mengganti Oli Motor
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.