Selasa, 23 Mei 2017

Macam-Macam Makanan Lebaran Di Indonesia


Momen lebaran ini sama halnya dengan perayaan hari besar lainnya. Selalu ada hal-hal unik dan tradisi yang sering dilakukan di hari lebaran. Hal ini terlihat dari kegiatan, makanan yang disajikan dan lain sebagainya. setiap daerah di Indonesia memiliki ragam makanan lebaran yang berbeda-beda dan memiliki cita rasa tersendiri. meskipun pada umumnya hidangan lebaran selalu menggunakan santan, namun setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing yang membuat berbeda pula. Berikut ada beberapa hidangan lebaran khas Indonesia diantaranya:

1.    Kuah labu Aceh
Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari daerah Aceh. Hidangan ini lebih mirip dengan gulai, terbuat dari daging sapi dan potongan buah labu. Jenis labu yang digunakan adalah labu air yang berwarna kehijauan. Selain itu bumbu yang digunakan terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kerumbar, kunyit dan kelapa parut yang di sangrai. Dilengkapi juga dengan daun salam koja yang merupakan rempah khas aceh yang tidak boleh ketinggalan. Perpaduan bumbu tersebut membuat hidangan ini menjadi makanan yang dinantikan saat lebaran.

2.    Semur Betawi
Semur ini merupakan sajian favoritnya orang Betawi. Terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga menyusut. Bumbu yang digunakan merupakan campuran dari merica, ketumbar, jintan, biji pala, jahe dan garam. Tidak lupa juga bawang merah dan bawang putih dan berbagai bumbu pengharum aroma makanan lainnya. Semur Betawi ini biasanya di sajikan dengan bencok. Bencok ini berupa kentang goreng ditambah ebi yang halus.

3.    Panggang haruan Banjar
Panggang haruan khas Banjar ini terbuat dari ikan gabus asap dengan kuah santan. Campuran bumbu dari cabe merah, bawang putih, kemiri, asam, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, garam, terasi dan serai, membuat kita susah untuk berhenti menyantapnya. Selain dengan ketupat, hidangan ini biasanya di makan bersama telur bebek, atau ayam rebus.
Itulah beberapa macam makanan lebaran khas dari berbagai daerah di Indonesia. Jika anda ingin bingung memilih menu makanan, anda bisa berkunjung ke blanja.com. Disana anda bisa memperoleh berbagai makanan dan minuman yang anda butuhkan dengan harga yang relatif murah.



Bagikan

Jangan lewatkan

Macam-Macam Makanan Lebaran Di Indonesia
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.