Rabu, 24 Mei 2017

Fakta Unik Dibalik Makanan Lebaran


Lebaran merupakan momen suka cita bagi seluruh umat muslim di dunia, apalagi di Indonesia. Ada berbagai tradisi unik yang biasa dilakukan di Indonesia salah satunya mudik. Hal ini biasa dilakukan oleh orang yang tinggal di perantauan untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan ingin berkumpul dengan keluarga di hari lebaran ini. hal unik lainnya juga terlihat dari makanan lebaran yang dihidangkan. Ada beberapa makanan yang rasanya tidak apdol jika tidak ada di saat lebaran. Diantaranya ketupat, opor ayam, kue kering dan sebagainya. Berikut ada beberapa fakta unik dibalik hidangan lebaran, diantaranya:

1.    Ketupat
Ketupat merupakan salah satu hidangan wajib di setiap lebaran. Makanan yang terbuat dari beras yang rebus dengan bentuk segi empat. Tidak diketahui secara pasti darimana ketupat ini berasal. Namun jika dilihat dari fakta bahwa bahwa Jawa mrupakan pusat kebudayaan. Bisa jadi ketupat ini juga berasal dari daerah jawa. Sekarang karya tangan anak bangsa ini sudah menyebar hingga ke luar negeri. Konon katanya anyaman pembungkusnya merupakan sebuah simbol kerumitan manusia yang membungkus hatinya. Ketupat ini sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia khususnya ketika hari Lebaran tiba. Maka kurang rasanya jika ketupat tidak di sajikan bersama makanan pendamping lainnya seperti opor ayam dan sebagainya.

2.    Opor ayam
Hidangan ini merupakan menu yang tidak boleh ketinggalan setelah ketupat. Opor ayam berasal dari daerah Jawa. Namun kini opor ayam terkenal hingga ke daerah lainnya di Indonesia. Hidanganberkuah santan ini memberikan rasa yang gurih  dengan tambahan rempah yang khas seperti serai dan kencur yang menambah cita rasa yang luar biasa. Opor sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu opor kuah putih dan opor kuah kuning. Opor yang berkuah putih biasanya dinikmati oleh kalangan orang Tionghoa. Sedangkan opor berkuah kuning selalu dimasak oleh orang pribumi dengan tambahan kunyit di dalamnya dengan maksud agar terlihat lebih cantik dan sedap di pandang.

Itulah beberapa fakta unik di balik makanan lebaran di Indonesia. Jika anda ingin yang lebih praktis, bisa di pesan lewat online di Blanja.com. Disana terdapat makanan dan minuman yang lengkap dan murah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Fakta Unik Dibalik Makanan Lebaran
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.