Selasa, 07 Februari 2017

Ketahui Perkembangan Anak 1 Tahun

Seorang ibu pasti sangat bangga mempunyai seorang anak apalagi ketika anak anda sudah berusia 1 tahun. Seorang ibu akan menemukan hal-hal ajaib yang sangat menyenangkan dan tentunya akan membuat anda menjadi takjub dengan tingkah laku bayi anda apalagi  ketika usia bayi anda sudah berusia 12 bulan atau 1 tahun anda biasanya akan merayakan hari ulang tahunnya yang pertama. Proses tumbuh kembang anak 1 tahun  memang mempunyai banyak sekali berbagai hal baru yang dilakukan oleh bayinya. Pada usia 12 bulan, bayi mulai bisa mengenali benda-benda yang berada di sekitarnya.


Pada usia ini bayi sudah bisa mengenal benda yang di lihatnya di tempat lain,misalnya bayi itu mempunyai benda itu dirumah, maka dia akan sangat mudah untuk mengenali benda-benda tersebut ditempat lain seperti ketika anda berjalan bersama-sama ke pusat perbelanjaan. Pada usia 1 tahun seorang bayi dapat di katakan sebagai tahap akhir sensor motorik pada bayi. Seorang bayi akan mulai terampil dalam berbagai hal, bukan hanya dari gerakan yang dia lakukan, tetapi dari segi pengucapan bahasa dan kosa kata  yang di katakan oleh seorang bayi.

Pada tumbuh kembang anak 1 tahun, sudah akan aktif untuk mengatakan berbagai macam kata, maka dari itu seorang ibu harus menjaga bayi anda agar bisa tumbuh dan berkembang di tempat yang mendukung perkembangan bayi agar lebih baik. Orang-orang terdekat juga jangan menggunakan kata-kata kasar atau jorok di depan bayi anda dan juga agar anda tidak melakukan perbuatan yang tidak baik seperti memukul,mencubit ataupun kakak bayi, karena seorang bayi akan mulai menyerap dan menirukan perilaku orang yang berada di sekitarnya, terutama untuk keluarga yang pasti selalu dekat dengan bayi tersebut.

Perkembangan bayi pada usia 1 tahun sudah mulai merepotkan, karena bayi sudah mulai bisa memutuskan sesuatu hal yang dia inginkan. Seperti halnya dalam pemilihan pakaian yang digunakan bayi. Seorang bayi sudah bisa memilih pakaian yang hendak dia kenakan dan hal tersebut harus anda lakukan, kalau tidak dia akan merealisikan rasa ingin memakai pakaian tersebut dengan menangis, oleh karena ini seorang ibu harus mengerti apa yang di inginkan bayi tersebut. Pada usia 12 bulan ini lah waktu yang sangat tepat untuk melatih bayi anda agar mulai bisa mengunakan kedua tanganya untuk menggunakan baju atau celana yang dia inginkan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ketahui Perkembangan Anak 1 Tahun
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.