Minggu, 08 Januari 2017

Wayang Kulit Seni Tradisonal Indonesia


Biasanya para pendatang dari mancanegara sangat senang berkunjung ke Indonesia, bukan karena keindahan alamnya saja, yang diakui dunia tapi juga dari kesenian dan budaya yang unik yang dimiliki Indonesia. Contohnya saja pewayangan yang hanya ada di Indonesia, bagi siapa saja yang menonton pertunjukkan wayang biasanya pasti akan terkagum-kagum dengan cerita yang disampaikan.



Wayang kulit adalah seni tradisional Indoensia yang berkembang di daerah jawa. Wayang sendiri berasal dari kata Ma Hyang yang artinya menuju kepada maha esa. Wayang kulit sendiri dimainkan oleh seorang dalang untuk menyampaikan ceritanya dengan tokoh-tokoh wayang dengan diiringi musik gamelan.

Dunia wayang kulit mempunyai banyak sekali simbol-simbol yang yang di ambil dari karakteristik watak manusia. Karakter wayang kulit biasanya biasanya dari sejumlah tokoh-tokoh arjuna, melambangkan pria ketampanan, Yudhistira simbol perdamian, bima pria yang mahal dalam cinta  serta tidak gambang tertarik terhadap wanita.

cerita wayang biasanya diambil dari episode kisah-kisah klasik Hindu Mahabharata dan Ramayana. Cerita-cerita ini tidak hanya menghibur tapi, apalagi, mengajarkan nilai-nilai luhur dan mengandung pemikiran filosofis yang mendalam. Disertai dengan musik yang luar biasa dari gamelan perkusi orkestra Jawa, pertunjukan Wayang Kulit selalu hadir selama perayaan rakyat dan peristiwa penting tersebut pada kelahiran, pernikahan, atau perayaan lainnya, dan berlangsung sepanjang malam. Cerita khusus disajikan dan pesan yang disampaikan biasanya terkait dengan acara tersebut.

cerita wayang melibatkan dilema moral dan etika yang dihadapi oleh karakter dalam perjalanan mereka melalui kehidupan, cinta, dan perang. Cerita-cerita sekitar baik versus jahat, tapi lebih dari itu, mereka merenungkan perjuangan eksistensial antara benar dan salah. Mereka adalah tentang mengejar hidup saleh, hidup mulia dan pencarian makna dalam hidup.

Kegiatan Wayang-bertema mendorong eksplorasi lebih lanjut dari tujuan hidup moral, integritas, rasa tanggung jawab, ketekunan dan peduli terhadap sesama. Misalnya, membuat wayang akan membutuhkan kesabaran dan motivasi untuk membuatnya agar terlihat lebih baik. Bermain boneka (mendalang) juga menceritakan sebuah kisah moral yang bermaksud untuk mencerahkan serta menghibur.

Seperti yang di kutip dari Indonesia Travel. Seni dari Indonesia yaitu Wayang Kulit, lebih dikenal sebagai Wayang Shadow Play, adalah di antara tradisi bercerita terbesar di dunia dan diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Lisan dan Takbenda Warisan Manusia. Tertanam dalam budaya Jawa kuno sejak abad ke-8, seni telah dilakukan di desa-desa ke kota-kota dan kerajaan selama ratusan tahun, dan tetap hidup sampai hari ini.

Dengan artikel ini mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita tentang pewayangan yang ada di Indonesia, apalagi masyarakat modern jangan sampai melupakan budaya-budaya yang telah ditingkalkan nenek moyang kita.

Bagikan

Jangan lewatkan

Wayang Kulit Seni Tradisonal Indonesia
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar