Kamis, 08 Desember 2016

4 Cara Membersihkan Plak Gigi

Membersihkan plak gigi banyak diburu oleh kalangan masyarakat. Karang gigi adalah masalah yang tidak bisa di entengkan begitu saja, mungkin di awal-awal hanya sedikit plak gigi yang masih bisa disembunyikan. Tapi anda tidak menyadari lama-kelamaan akan semakin bertambah banyak. Apa yang akan terjadi? Gigi anda pastinya tidak akan seindah dahulu lagi karena bekas kotoran makanan yang menempel sehingga berwarna kuning bahkan berwarna hitam akan merusak penampilan anda.
Perlu juga anda ketahui, semakin lama plak pada gigi dapat menggerogoti gigi sampai keropos dan rusak. Oleh karena itu anda harus menjaga keseahatan gigi anda agarterhindar dari penyakit-penyakit mulut dan gigi. Sebaiknnya anda simak iformasi tentang bagaimana membersihkan plak pada.
Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab munculnya karang pada gigi.
sperti dijelaskan diawal tadi bahwa plak gigi sangatlah membuat anda tidak nyaman sama sekali. Semua orang bisa berpotensi kena plak pada gigi. Akan trtapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwasanya syang membuat plak gigi penyebabnya hal yang sangat umum. Plak pada gigi bisa ditumbulkan dari makanan yang kita makan sehari-hari yang tersisa pada gigi dan mulut. Jika sisa makanan yang tertinggal cukup lama dan tidak segara dibersihkan maka lama-kelamaan akan menyebabkan tebentuknya plak gigi. Sisa makanan tadi mengeras atau sidementasi akibat air liur yang mengandung mineral. Karena penyebab inilah gigi anda tidak sehat serta membuat bau tidak sedap pada mulut.

Berikut 4 cara membersihkan plak gigi:

1. Rajin menggosok gigi dan memberi pasta gigi yang khusus
salah satu cara yang paling umum untuk membersihkan plak gigi yaitu dengan cara menggosok gigi setiap harinya. Banyak sekali manfaat yang didapat bagi kesehatan mulut dan gigi, karena dengan menggosok gigi anda bisa menghilangkan sisa-sisa makanan secara mudah yang terselip-selip pada gigi. Menggosok gigi yang baik adalah minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi tidaklah seribet yang anda bayangkan, hanya orang-orang pemalas yang menganggap menggosok gigi adalah hal yang rumit.
Jangan lupa juga untuk memaksimalkan kebersihan gigi anda harus menggunakan pasta gigi yang khusus. Pasta gigi merupakan juga penentu dalam membersihkan plak pada gigi. Oleh karena itu pilihlah pasta gigi yang tepat yaitu pasta gigi yang mengandung fluroid atau tertar control. Kandungan zat tersebut dapat menghilangkan kotoran plak pada gigi.

2. Flossing
apa itu flossing? Flossing adalah salah satu cara untuk menggilangkan karang pada sela-sela gigi anda dengan cara menggosok gigi dengan benang khusus. Karang gigi disebabkan oleh bakteri dan kuman yang berada pada mulut dan gigi. Flossing dapat membersihkan sisa makan, bakteri dan kuman pada mulut anda secara menyeluruh.

3. Meminum air putih
Yang lebih sederhanya lagi adalah mimum air putih, air putih banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, mulai dari melancarkan pencernaan metabolisme tubuh hingga untuk gigi anda. Bagaimana caranya air putih bisa bermanfaat bagi gigi? Anda hanya perlu rutin untuk mengunsomsi air putih yaitu dengan cara berkumur-kumur untuk membuang sisa makanan pada gigi. Mudah bukan, tapi perlu diinggat cara ini belum tentu bisa membuang sisa bakteri dan kuman secara menyeluruh.

4. Berkumur-kumur menggunakan obat pembersih mulut
Menggunakan mouthwash merupakan salah satu alternatif yang cukup bagus untuk membersikan bakteri dan kuman. Obat kumur sendiri banyak sekali manfaatnya, menghilangkan bau mulut dan plak gigi yang tersempit. Ana bisa menggunakan LISTERINE® ZERO Antiseptic Mouthwash yang sudah banyak beredat ditoko-tok terdekat di tempat anda tinggal

Seperti itulah informasi bagaimana cara memebersihkan plak gigi. Semoga dengan tips diatas dapat mengatasi permasalahan tentang plak pada gigi. 

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Cara Membersihkan Plak Gigi
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
11 Desember 2016 02.01

kalau plak giginya di pangkal gigi dalem dan udah tebel gmana ya buat ngilanginya ngak nyaman banget

Reply
avatar
11 Desember 2016 05.23

Jika memang susah dihilangkan plak giginya, cobalah minta bantuan dokter gigi. Mungkin dokter akan memberikan saran atau pengobatan untuk menghilangkan plaknya.

Reply