Jumat, 25 November 2016

SENAM HAMIL: Sangat Bemanfaat Untuk Ibu Yang Mengandung

Perlu diketahui bahwa senam hamil untuk membantu ibu yang lagi mengandung, karena ibu dalam membesarkan ukuran perut ditrimester ke tiga sangatlah berat untuk seorang ibu, Karena akan membuat gerakan Ibu menjadi lebih sulit, atau bisa dikatakan terbatas. Oleh sebab itu jangan sampai seorang ibu yang lagi hamil menjadi terbebankan oleh kehamilannya bahkan sampai menjadi ajang malas-malasan untuk tidak menggerakan badannya. Pandangan seperti ini kesalahan yang cukup fatal jika terjadi diseorang ibu yang sedang mengandung. Jangan sampai seperti itu ya Bu, karena suami juga tidak suka melihat istrinya selalu malas-malasan setiap waktunya karena hanya gara-gara mengandung anak.
Oleh karena itu berolahraga adalah salah satu menghilangkan kemalasan seorang Ibu hamil, selain menyehatkan dan juga banyak manfaatnya. Berolahraga dapat menghilangkan rasa pegal dan nyeri pada tubuh akibat aliran darah yang tidak lancar, bahkan dapat meningkatkan mood untuk menjaga kestabilan emosi.

Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengulas apa saja manfaat olahraga senam hamil untuk ibu yang sedang mengandung anak. Loh, emang ibu-ibu hamil bisa senam? Kan kasihan kandungan di dalam perut ibu, bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Jawabannya tentu saja bisa, dan tidak akan mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan oleh ibu, bahkan sampai keguguran.
Jadi senam hamil yang dilakukan oleh ibu tidak sama dengan kita senam yang loncat-loncat kesana kemari.  Senam hamil dilakukan secara sederhana akan tetapi sangat penting untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa melalukan senam ini bertujuan untuk melancarkan persalinan nanti, maka sangat dianjurkan kepada ibu-ibu yang sedang hamil untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana (ringan), Karena pada saat persalinan mulut rahim akan melebar. Hal ini adalah masa-masa sulit sang ibu, oleh karena itu ibu memerlukan tenaga yang sangat besar sehingga disarankan untuk melakukan latihan agar otot-otot rahim  dengan cara melakukan olahraga senam hamil rutin setiap hari, agar pada waktunya melahirkan normal dan berjalan dengan lancar. Bukan hanya untuk mempermudah persalinan, tapi juga meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janinnya di dalam kandungan.

Beberapa manfaat senam hamil bagi ibu:


  • Membantu saat persalinan, seperti yang sudah kita bahas diawal tadi melakukan senam secara rutin untuk membantu saat persalinan bertujuan untuk menguatkan mental dan otot-otot rahim untuk proses kehamilan dan kelahiran anaknya.
  • Menghilangkan konstipasi, kebanyakan ibu hamil akan mengalami sembelit yang luar biasa yang membuat ibu merasa tidak nyaman sama sekali, dengan melakukan gerakan senam ini dapat menguragi yang namanya rasa sembelit pada saat hamil (konstipasi).
  • Membantu mengurangi rasa tidak nyaman, tidak nyaman disini dalam artian membantu mengurangi rasa nyeri dan pusing karena kehamilan. Maka pada saat melakukan gerakan senam akan mengurangi rasa nyeri yang di punggung karena pendarahan yang tidak stabil karena sering duduk dan malas-malasan.
  • Meningkatkan kebugaran, melakukan senam secara rutin pastinya memberikan stamina seorang ibu yang hamil lalu membentuk kebugaran jasmani dan rohaninya serta menjaga kebugaran fisik dan mentalnya.
  • Mengurangi resiko obesitas kehamilan, sebenarnya memang dianjurkan untuk memiliki berat badan yang sesuai dengan kehamilannya, tapi pola ini juga harus tetap dijaga agar tetap terkontrol dalam batasan supaya tetap sehat.
  • Mengurangi rasa lesu pada saat hamil, setiap ibu hamil tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya lesu, apa lagi pada saat kehamilam trisemester pertama dan ketiga akan sering merasa sangat lesu. Dengan melakukan gerakan ringan ini otomatis menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga tibuh ibu hamil tidak mudah cepat lelah dalam melakukan aktifitas yang ringan.

Demikian informasi tentang manfaat senam hamil, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang pentinga untuk menjaga kesehatan pada saat ibu hami.

Bagikan

Jangan lewatkan

SENAM HAMIL: Sangat Bemanfaat Untuk Ibu Yang Mengandung
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.