Rabu, 21 September 2016

Hindari Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok bisa terjadi karena reaksi kulit terhadap urine dan tinjanya si bayi. Peradangan pada kulit bayi yang menggunakan popok sehingga muncul kulit merah-merah pada bokong bayi. Rata-rata kebanyakan bayi memakai popok dan hampir semua pernah mengalami ruam popok, sehingga menggangu kenyamanan bayi dan akan cenderung terlihat gelisah dan bawel. Dan seorang ibu harus mengatasi ruam popok secepatnya sebelum bertambah parah.
Bayi yang memakai popok tidak langsung terkena gejala ini, tetapi karena beberapa kesalahan orang tua  yang tidak disengaja. Ibu-ibu pasti tahu kan bayi yang baru lahir kulitnya sangat sensitif, gejala ini terjadi larena pemakaian popok yang terlalu lama sehinga menimbulkan bakteri dan pada akhirnya kulit bayi dibagian bokong memerah.
 Photoright:johnsonsbaby.co.id
Ada beberapa cara mengatasi ruam popok pada si bayi:
Rajin mengganti popok 
Mengganti popok adalah suatu yang harus dilakukan dengan rajin apalagi jika ibu mengganti popoknya yang satu kali pakai, jika malas dan beranggapan popok yang dipakai bayi bisa menampung lebih banyak pop dan tidak akan cape mengganti-ganti popok sang bayi. ini adalah kesalah terbesar, karena jika popok yang dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan bakteri dan mengakibatkan raum pada kulit bayi.

Cuci dan bersihkan secara seksama
Memcuci dan membersihkan yang dimaksud disni adalah jika bayi urine dan pop didalam popok hendaknya langsung dibersihkan, kebanyakan seorang ibu masih dibiarkan karena mengira popok bisa menampung lebih banyak. Padahal jika dibiarkan akan sangat tidak bagus untuk kulit bayi.

Gunakan cream dan anti ruam pada popok
Cara mengatasi ruam popok pada kulit bayi yaitu memberikan cream yang yang bagus, karena dengan memberikan produk yang sesuai dengan gejala si bayi akan menghindari ruam pada popok dan menghilangkan ruam yang sudah memerah. Walaupun seorang ibu harus mengeluarkan budget sedikit tapi untuk kesehatan sang bayi kenapa harus tidak.

Pastikan kulit sudah kering
Jika ingin menggunakan popok hendaknya keringkan terlebih dahulu untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Kulit yang basah tidak hanya membuat timbulnya bakteri tapi bisa membuat sikecil merasa resah dan tidak enak karena basah.

Mencari popok yang sesuai
Memasang popok pada bayi hendaklah jangan terlalu ketat, hendaklah jika membeli popok sesuai dengan ukurannya, karena popok yang ketat akan membuat bayi merasa sakit dan tidak enak, sama saja seperti kita yang memakai celana yang terlalu ketat akan merasa tidak risih dan tidak enak. Kalau bisa sering-seringlah bayi anda terlepas dari popoknya.

Bawa ke dokter jika sudah mengkhawatirkan

Jika sudah terlalu mengkhawatirkan keadaanya misalkan saja sudah merah dan kulitnya mengelupas maka bersegeralah pergi ke dokter. Pergi ke dokter  salah satu pilihan yang sangat tepat, karena membawa bayi ketempat ahlinya akan memberikan obat dan tips tentang  gejala ruam pada popok nayi.

Ibu yang sayang anaknya tidak akan pernah memberikan hal buruk terhadapnya, seorang ibu bagaimanapun caranya sang buah hati agar tetap sehat dan menjadi pintar akan terus diusahakan memberikan yang terbaik untuk anaknya.
Jika anda seorang ibu yang sayang kepada anaknya, terutama bayi anda baru lahir. Jagalah dia dengan setulus hati seorang kasih ibu. Terutama masalah hal kecil seperti ruam pada popok.
Artikel mengatasi ruam popok pada bayi ini mudah-mudahan bisa membantu ibu-ibu yang luar biasa.

Bagikan

Jangan lewatkan

Hindari Ruam Popok Pada Bayi
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.