Senin, 22 Agustus 2016

Hidup atau Mati! Kebersamaan KKN 30 UMM


    Hari ini tanggal 23 tepat lima hari sudah berlalu setelah pulang dari posko KKN (Kuliah Kerja Nyata).  terletak di Desa Ngabab kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tiada hari yang paling Indah selain bersama mereka, “Keluraga Matahari”. Mereka selalu bersinar dikala senang, susah dan duka. Apapun yang telah kami lakukan setelah ini saya tidak tahu semuanya sudah terpencar di pelosok-pelosok Negeri ini dan saya yakin mereka sudah siap untuk mengabdi di Negeri tercinta ini
    Kami adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) siap mengabdi kepada masyarakat melalui  KKN. Diawal pertemuan kami sebagai Mahasiswa di UMM kami semua tidak mengenal satu sama lain, dikarenakan setiap kelompok berbeda Fakultas dan Jurusan, sehingga pada saat pertama kali dikumpulkan di sebuah aula dalam acara pembekalan pertama kami hanya melihat satu sama lain dengan muka sedikit malu. Dari sinilah awal kisah kami, dan sampai akhirnya terjadi sebuah ikatan yang luar biasa, sehingga kami menjadi sebuah keluarga yang begitu solid untuk menghancurkan benteng-benteng musuh yang akan menghadang kami di tempat KKN. Siap untuk berperang dan mengabdi dengan ikhlas di Masyarakat adalah suatu kehormatan yang sangat istemewa bagi kami.
    Saya sendiri didalam kelompok ini menjabat sebagai Kordes (Koordinator Desa) sangat memahami karakter mereka, setiap orang berbeda kepribadian dan tingkah laku, perbedaan tidak akan pernah menghambat sebuah perjuangan yang kami usahakan, kami tetap berdiri tegak dan bersama. Apapun yang kami kerjakan untuk masyarakat, kami semua tidak memandang sebelah mata. Masyarakat desa membutuhkan orang seperti kami, kami disambut dengan ramah dan diberi kehormatan khusus. Hati ini terasa disayat sembilu saat melihat keadaan desa yang bermasalah. Hati ini langsung bergejolak untuk membantu orang yang membutukan. Oh, Tuhan, kami hanya berdo’a kepadamu, mudahkanlah kami dalam membantu masyatakat desa untuk meluruskan permasalahan yang ada di desa ini.
    Pekerjaan kami seperti penanggulangan sampah, baik itu organik ataupun unorganik, Pengobatan Gratis, Lembaga Bantuan Hukum, bimbingan belajar dan lain-lain. Selalu kami kerjakan bersama. Satu bulan kegiatan disana tidak bisa dipungkiri lagi pasti berbenturan dengan yang namanya konflik baik itu dengan masyarakat desa ataupun dengan sesama rekan kelompok KKN sendiri. Bahkan konfilik ini bisa saja masuk keranah percintaan rekan-rekan KKN. Apalah arti sebuah konflik, jika kami pecahkan bersama, hanya seperti angin kencang yang lewat menusuk tulang rusuk. Ini adalah momen yang membuat kami berpikir bagaimana meluruskannya kembali menjadi normal, dengan adanya konflik ini kami bisa membuka mata hati yang gelap menjadi terang dan menjadi kami seorang yang dewasa. Kami masih berproses menjadi yang terbaik, kami terus berusaha menjadi special di mata oranglain dan masyarakat, kami butuh yang namanya motivasi jika kami sudah terjatuh didalam kegelapan.
    Pada titik-titik terakhir akhirnya kami menyelesaikan sebuah tantangan yang diberikan oleh pihak kampus, jawabanya dari semua ini adalah hidup atau mati. Apakah kami setelah ini masih bisa mempertankan perjuangan semangat KKN di Negeri ini, ataukah sebaliknya melupakan semua yang telah kami bangun bersama. Yang kami bangun dengan susah payah menjadi hal yang terlupakan dan hancur lebur begitu saja. Oh Tuhan kami hanyalah manusia lemah tempat salah dan khilaf dan tidak sempurna, tapi kami berharap masih bisa menyatukan hati kami dengan rekan-rekan lainnya dan terkenang dihati kami masing-masing, dan jadikan kenangan ini menjadi sebuah kekutan untuk dimasa depan.
    Hai, rekan-rekanku dimanapun nanti kalian berada kalian adalah bagian dari keluargaku, kalian semua yang membuat kita menjadi tumbuh dewasa bersama, kalian semua yang menginginkan ini terjadi. Hanya satu pintaku untuk rekan-rekanku, tetaplah semangat, dan teruslah berjuang menjadi orang yang terbaik sampai menjadi khalifah di muka bumi ini. Terima Kasih untuk “Keluarga Matahari” KKN 3o UMM. Teruslah bersinar menyinari bumi ini dan tumbuhkanlah bibit-bibit baru untuk generasi yang akan datang.

Bagikan

Jangan lewatkan

Hidup atau Mati! Kebersamaan KKN 30 UMM
4/ 5
Oleh Nirwan Rifani

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
16 November 2016 05.32

kereennn !!!!! :) selamat menginspirasi

Reply